2012/04/09

Penyalahgunaan BlackBerry BM ( Broadcast Message )


 Salah satu contoh penyalahgunaan Blackberry BM (Broadcast Message). Masih banyak contoh isi pesan BM yang lebih mengerikan sumpahnya yang disiarkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.


SmartPhone Blackberry. Di Zaman sekarang yang serba canggih kini dari anak kecil, remaja sampai orang tua pasti tau apa itu Blackberry. Ya, Smartphone keluaran RIM tersebut menarik hati pengguna telpon seluler di seluruh Indonesia. Bahkan banyak yang rela mengantri dari pagi sampai sore demi mendapat BB dengan diskon harga promosi penjualan Smartphone tersebut sampai menimbulkan banyak korban yang dirawat seperti yang diberitakan di situs ini--> Antri Blackberry Bold 9790 murah bawa korban 90 Orang dirawat.
 
Akan tetapi kenapa Tekhnologi canggih ini disalahgunakan oleh segelintir manusia yang jahil yang nge-broadcast message isinya seperti gambar diatas. Segelintir Manusia ini telah diberi akal dan diberi rezeki berlebih oleh Allah SWT sehingga dapat membeli SmartPhone tersebut tapi kenapa malah disalahgunakan. Akhirnya menimbulkan akibat fatal yang menyebabkan teman-teman dari kontak BBM (BlackBerry Messenger) yang menerima BM(Broadcast Message) berisi SUMPAH HINA tersebut (seperti gambar diatas ) yang kurang pengetahuannya tentang Hukum islam  karena kurangnya mempelajari Al-Qur'an malah ikut-ikutan nge-broadcast SUMPAH HINA tersebut karena takut  celaka akibat melanggar sumpah yang tidak disengaja terbaca itu. Seharusnya mereka (manusia-manusia yang pertama nge-broadcast pesan seperti gambar diatas) bersyukur telah diberikan rezeki yang lebih dan akal oleh Allah SWT bukan disalahgunakan. Astaghfirullah....

Untuk itu Postingan ini membahas sumpah dengan nama Allah SWT yang tidak disengaja terucap akibat ulah manusia yang kufur nikmat. Reaksi  mereka (Pengguna BlackBerry) yang kurang tahu hukum islam setelah membaca pesan BM tersebut pasti timbul rasa takut celaka kalau tidak ikut nge-broadcast  ke 10 teman di kontak BBM-nya segera karena sudah terlanjur terbaca / terucap tanpa disengaja atau berdalih ambil aman aja karena sudah terbaca / terucap. Tapi Bagi Mereka (pengguna BlackBerry) yang tahu hukumnya berdasarkan dari mempelajari Al-Qur'an & Hadist tidak akan ada rasa takut sedikitpun apalagi ikut menyiarkan isi sumpah tersebut disebabkan mereka hanya takut pada Allah SWT bukan takut celaka akibat tidak ikut menyiarkan isi sumpah tersebut, Karena Sebagaimana dalam Ayat Al-Qur'an (Q.s. Al-Baqarah :225) :

"Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah){1}, tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu.{2} Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun"

Pemahaman :
{1} Sumpah yang terucap secara Tidak Sengaja tanpa ada NIAT sedikitpun dihati.
{2} Sumpah yang diucapkan secara sengaja dengan niat dihati maka apabila melanggar harus ditebus dengan membayar kafarat (maksudnya sumpah yang menjadi penghalang untuk berbuat kebaikan seperti "bersumpah dengan nama Allah SWT tidak akan membantu anak yatim").

Oleh Karena itu bagi kamu pengguna BB yang sudah membaca postingan ini apabila dikemudian hari kamu mendapat BM tersebut jangan takut  untuk mengabaikan kalau perlu catat isi surah tersebut dan kirim kepada teman kamu yang ikut menyiarkan sumpah tersebut agar mereka tahu hukumnya ( Ga' ribet,,, Cuman buka Al-Qur'an yg ada terjemahannya surah Al-Baqarah ayat 225. Apa susahnya..?? iya,,, kan...?? )

Dan ini Nasehat atau Pencerahan berdasarkan Firman Allah SWT  dalam Al-Qur'an bagi mereka (yang telah ikut menyiarkan pesan / broadcast message sumpah hina tersebut seperti gambar diatas) agar dikemudian hari tidak lagi ikut menyiarkan sumpah hina tersebut. (Q.s. Al-Qalam : 10-11 : 

"10. Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina,"
"11. yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah,"

Oleh karena itu jadilah Seorang ISLAM SEJATI bukan ISLAM KTP sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an (Q.s. Al-Baqarah : 208)

"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu."

Jadilah Pengguna BB yang pandai, gunakan fasilitas broadcast message untuk menyiarkan sesuatu yang positif dan mengarah kepada suatu kebaikan. Seperti :

"mengingatkan akan datangnya hari kiamat"
"mengingatkan menggunakan waktu sebaik-baiknya"
"mengingatkan agar tidak melalaikan sholat 5 waktu"
"menyiarkan ayat - ayat Al-Qur'an dan Hadist Sahih Rasulullah SAW"
"mengingatkan agar selalu sabar dalam menghadapi problematika kehidupan" dsb.
( terserah kamu menyusun kalimat, paragraf, alenia dll. mau kaya' gimana buat di-broadcast )

karena berbuat kebaikan adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat muslim dan seluruh umat beragama yang ada di muka bumi sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an (Q.s. Al-baqarah : 148 ) :

"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu".

dan semua yang kita kerjakan dan juga harta yang kita dapatkan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Maka kalau kita fikirkan lebih terperinci SmartPhone Blackberry yang kita miliki ini ( mohon maaf bagi yang membaca postingan ini tapi tidak menggunakan/memiliki ponsel Blackberry mohon jangan tersinggung  )  adalah salah satu harta benda dari sekian harta benda yang kita miliki yang diberikan oleh Allah SWT yang akan menjadi saksi pertanggungjawaban keberadaannya darimana, bagaimana dan untuk apa  Ponsel Blackberry  yang kita miliki ini kita gunakan pada saat kita masih hidup dalam perputaran waktu dunia ini di akhirat kelak. Apakah untuk kebaikan atau kebathilan, Sebagaimana Sabda Rasulullah shallallhu 'alaihiwasallam " :

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ القِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ، "وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَ فَعَلَ، وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ، وَعَنْ "جِسْمِهِ فِيمَ أَبْلَاهُ

"Tidak akan bergerak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat sehingga dia ditanya tentang umurnya untuk apa dia habiskan, dan tentang ilmunya; apa yang telah dia amalkan, tentang hartanya dari mana dia dapatkan dan untuk apa dia belanjakan, dan ditanya tentang jasadnya; untuk apa dia gunakan" (HR. At-Tirmidzy,)

Oleh karena itu pergunakanlah harta dunia ini untuk kebaikan di jalan Allah SWT. agar harta tersebut menjadi saksi kita telah bebuat kebaikan di jalan Allah SWT  saat hari kiamat kelak dimana pada  saat berkumpulnya semua umat manusia untuk dipertanggungjawabkan apapun segala sesuatu yang ia kerjakan selama masih hidup di dunia ini berdasarkan gambaran isi Hadist Rasulullah SAW diatas.


BLACKBERRY is SMART Phone, & USER be SMART Use..!!


SEMOGA BERMANFAAT




Tidak ada komentar:

Posting Komentar